Login Calon Wisudawan

Pendaftaran Wisuda Periode 89
Sudah ditutup

Berita & Pengumuman

Pengumuman

P E N G U M U M A N (PENTING DI BACA DENGAN SEKSAMA)

Diberitahukan kepada calon peserta Wisuda Program Pascasarjana, Profesi, Sarjana dan Vokasi Universitas Bengkulu periode ke-89 Tahun 2019 ( 18 Desember 2019 ) bahwa :

  1. Waktu Pendaftaran Wisuda Online pada laman http://wisudaonline.unib.ac.id dari tanggal 02 September 2019 s/d 22 November 2019 dan Penyerahan Berkas Persyaratan Wisuda : 02 September 2019 s/d 25 November 2019 (Senin s/d Kamis 07.30 s/d 16.00 WIB dan Jum’at 07.30 s/d 16.30 WIB)
  2. Jika terjadi kegagalan pada saat melakukan pendaftaran online atau photo tidak terupload ke web http://wisudaonline.unib.ac.id, Anda dapat melaporkannya ke LPTIK Universitas Bengkulu.
  3. Penyerahan berkas wisuda, dan verifikasi data ijazah wisudawan tidak dapat diwakilkan (harus yang bersangkutan langsung), paling lambat 3 hari setelah mendaftar Online dan akan ditutup 1 hari setelah jadwal pendaftaran online berakhir.
  4. Bagi calon wisudawan yang terlambat mendaftar sesuai poin (1) di atas dengan alasan apapun, tidak akan dilayani dan akan diikutsertakan pada wisuda periode berikutnya.
  5. Pembayaran Sewa Toga dapat dilakukan di Bank BNI dengan menunjukkan pengantar yang dapat dicetak dari laman http://wisudaonline.unib.ac.id (Bukti Pembayaran asli harap disimpan untuk ditunjukkan ke Bagian Dharma Wanita Lt. Dasar Rektorat Universitas Bengkulu pada saat pengambilan toga).
  6. Biaya Wisuda Non UKT (S1 dan Vokasi) sebelum angkatan 2013, Profesi dan Pascasarjana (S-2 dan S-3). Program Pascasarjana (S-2 dan S-3) dan Profesi  : Rp. 360.000,-; Program Sarjana (S-1) Reguler dan Non Reguler dan Vokasi (D-3) : Rp. 200.000,-
  7. Pengambilan Toga, Samir, dan Undangan : 9 s.d 11 Desember 2019 (Pengambilan undangan dan Samir tidak dapat diwakilkan karena harus melakukan cap jempol tanda terima ijazah dan transkrip, jika berhalangan maka ijazah akan ditahan pada saat pembagian ijazah pada acara wisuda, Samir dan Undangan dapat diambil di Subbag. Evaluasi Pembelajaran dan Toga di Ruang Dharma Wanita UNIB lt. Dasar Rektorat)
  8. Gladi Resik  dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 17 Desember 2019 Pukul 13.30 WIB s/d Selesai bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Bengkulu (Calon Peserta Wisuda Wajib Hadir).                                   
  9. Upacara Wisuda dilaksanakan : Rabu, 18 Desember 2019.

Berkas Persyaratan Wisuda sbb:   

  1. Ijazah Sementara, Transkrip Akademik Sementara yang telah di legalisasi/diperiksa (bukan dilegalisir) oleh pejabat berwenang di Fakultas (Harus/Wajib di paraf oleh Kasubag Akademik dan Kepala Bagian dan yang bersangkutan wajib menunjukkan data KTP,KK,Akte dan Ijazah Terakhir) dan Form Biodata (Cetak dari http://wisudaonline.unib.ac.id); catatan : (Harap diperiksa dengan teliti nama,tempat lahir,tanggal lulus,IPK jumlah SKS, Kode Mata Kuliah,Nama Mata Kuliah,Nilai,Predikat, Photo dll, Jika Sudah Benar, bubuhkan paraf di setiap kriteria tersebut).
  2. Asli Kwitansi Pembayaran SPP/UKT Terakhir + Asli Bukti Bebas SPP (bagi calon wisudawan yang diusulkan Bebas SPP)
  3. Asli Kwitansi Pembayaran Wisuda dari Bank Negara Indonesia 1946 (BNI ’46); Pembayaran Uang wisuda langsung ke BNI ‘46 Kantor KAS Unib (di GSG Unib), Bagi Calon Wisudawan yang sudah dikenakan UKT, tidak dikenakan biaya wisuda.
  4. Asli Surat Pernyataan (Keterangan Bebas Administrasi) Fakultas masing-masing
  5. Asli Surat Keterangan Bebas Administrasi Perpustakaan Universitas (Bukti Menyumbang Buku dan Bukti penyerahan PDF ke Perpustakaan Universitas)
  6. Asli KTM (Saldo Uang di KTM (ATM BNI) tersebut harus dikosongkan terlebih dahulu dan setelah dikumpul jangan diisi kembali karena KTM tidak boleh diambil kembali).
  7. Fotocopy Akta Lahir dan Fotocopy Ijazah Terakhir masing-masing sebanyak 2 (dua) lembar (dilegalisir), (dengan melampirkan Surat Keterangan dari sekolah/perguruan tinggi asal apabila terdapat kesalahan data pada Ijazah yang bersangkutan), jika terjadi perbedaan antara akta lahir dan Ijazah (SD,SMP,SMA,S1,S2) maka harus melampirkan Surat Pernyataan akan menggunakan data yang mana (KTP,Ijazah terakhir atau Akta) Data acuan yang benar adalah data pada KTP, mohon diperiksa dengan cermat dan teliti tanggal lahir dan nama anda yang benar). Download Format Surat Pernyataan. https://drive.google.com/file/d/1pJ_bZmdWdFKzVwgtLpdmlGVAhb4yaZDl/view?usp=sharing
  8. Pas Photo Terakhir/ Photo Studio,  (Hitam Putih) untuk ditempel di ijazah dll :Ukuran 4 x 6 :  3 (tiga) lembar, Ukuran 2 x 3 :  4 (empat) lembar; Catatan : -  Pria : Jas (Polos Tanpa Atribut), Wanita : Nasional (Tidak Berbusana Transparan); tidak memakai kacamata (Cek kembali ukuran photo sebelum dikumpul dan tulis nama dan NPM di belakang photo tersebut);Tidak Menerima Pas Photo Kilat dan cetak dari warna ke hitam putih.  
  9. Melampirkan copy Lembar Pengesahan Judul Disertasi, Thesis, Skripsi, LTA yang telah ditanda tangani oleh Pembimbing (Cek Kembali Judul dan tanggal lulus Pada Transkrip Sementara, harus sesuai dengan judul pada Lembar Pengesahan dan tanggal lulus anda)
  10. Melampirkan Surat Keterangan dari UPT Bahasa Universitas Bengkulu Telah Mengikuti TOEFL prediksi bagi Mahasiswa Program Vokasi dan Sarjana atau Melampirkan Surat Keterangan dari UPT Bahasa Universitas Bengkulu dan masih berlaku yang menyebutkan telah Lulus Tes TOEFL prediksi dengan nilai minimal 400 bagi Mahasiswa Pascasarjana dan Profesi.
  11. Print Out Biodata pada pddikti yang bisa diakses di https://pddikti.ristekdikti.go.id/  atau https://forlap.ristekdikti.go.id/ dan Surat pernyataan bahwa data yang ada di pddikti sudah benar dan jika belum benar akan segera diperbaiki sebelum diwisuda. (Anda wajib mengecek semua data yang ada di pddikti tersebut). Data yang harus anda cek di Pddikti adalah (NIK, Nama,Tempat Lahir,Jenis Kelamin,Nama Ibu,Tanggal Lahir,Agama,IPK,Status,Jumlah SKS). Untuk melihat Data Tempat dan Tanggal Lahir Serta Nama Ibu dan yang lainnya, anda dapat menemui Operator PDDIKTI Program Studi di masing-masing Fakultas Anda. Sebagai bukti bahwa data yang salah pada pddikti sudah diproses PDM (Perbaikan Data Mahasiswa) yang diajukan oleh Fakultas ke Wakil Rektor Bidang Akademik, Anda wajib melampirkan surat keterangan/pernyataan perbaikan data yang salah tersebut dari fakultas (copy annya saja). Download contoh surat Pernyataan dan Biodata pddikti (Lampiran) DI LINK ini  (WAJIB) https://drive.google.com/file/d/1gm7s1bz_sUlVkVpCaKksurcFcUxUBn1Y/view?usp=sharing
  12. Fotocopy KTP dan KK yang telah dilegalisir  sebanyak 1 lembar (Pada saat verifikasi berkas wajib menunjukkan KTP asli dan wajib mengecek kebenaran NIK (Nomor Induk Kependudukan), karena akan dimasukkan ke dalam Ijazah).
  13. DATA PADA KTP, KK, IJAZAH TERAKHIR (Nama,Tempat Lahir,Jenis Kelamin,Agama,Nama Ibu,Tanggal Lahir,Alamat) HARUS SAMA DENGAN DATA PADA PDDIKTI, JIKA TERDAPAT PERBEDAAN MAKA HARUS MEMPERBAIKI DATA TERSEBUT PADA DATA KTP/KK DI DUKCAPIL. DATA PADA KTP MERUPAKAN DATA ACUAN.

Demikian pengumuman ini disampaikan untuk dapat dipedomani dan dilaksanakan.